Breaking News

Dua Kepala Daerah Resmikan Jembatan Gantung Terpanjang

ciamiszone.com :
CISAGA,- Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya dan Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih secara bersamaan resmikan Jembatan Harapan untuk Negeri yang tercatat sebagai Jembatan Gantung terpanjang di Jawa Barat yang melintas diatas ruas Sungai Citanduy menghubungkan wilayah Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar, Rabu (12/02/2020).

Peresmian jembatan gantung sepanjang 160 meter yang dibangun hanya dalam sembilan hari itu berlangsung di kedua ujung jembatan masing-masing yang menghubungkan Desa Mekarmukti, Kecamatan  Cisaga, Kabupaten Ciamis dengan Desa Balokang, Kecamatan Banjar, Kota Banjar.

Jembatan tersebut merupakan rangkaian dari Ekspedisi 1000 Jembatan Gantung untuk Indonesia yang diprakarasi dan didanai Yayasan Bakrie Amanah dan Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM).

Dalam peresmian Jembatan Harapan untuk Negeri yang juga dihadiri Dewan Pengurus Bakrie Amanah, Maulana Adnan, General Manager Bakrie Amanah, Setiadi Ihsan, Direktur Eksekutif BMM, Teten Kustiawan, dan masyarakat setempat itu, Bupati Ciamis mengungkapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih atas terbangunnya jembatan yang merupakan akses perekonomian di kedua wilayah itu.


“Alhamdulillah kami bersyukur atas terbangunnya jembatan perintis ini. Kami juga berterimakasih kepada pihak Bakrie Amanah dan BMM yang telah menginisiasi pembukaan akses masyarakat di kedua desa yang kebetulan berada di dua wilayah kabupaten dan kota yang berbeda,” katanya.

Bupati berharap, dibangunnya jembatan gantung tersebut dapat meningkatan perekonomi masyarakat, baik bagi warga Ciamis maupun warga Kota Banjar, dan mempermudah dalam aktivitas masyarakat dikedua wilayah.

“Saya minta masyarakat untuk dapat menjaga dan merawat jembatan ini. Dan Insha Alloh pemerintah akan  memfasilitasi penerangannya,” katanya.

Hal sama juga dikatakan Walikota Banjar, dengan dibangunnya jembatan ini kedua desa diharapakan akan lebih saling berinteraksi dalam bidang apa pun, terutama dalam peningkatan perekonomian di kedua wilayah.

“Saya sudah berkordinasi dengan Pak Bupati Ciamis, kedepan jembatan ini akan dikembangkan menjadi jembatan permanen, sehingga kendaraan roda empat bisa lewat,” kata Hj. Ade Uu Sukaesih.


Dalam kesempatan tersebut, General Manager Bakrie Amanah, Setiadi Ihsan menjelaskan, tahun 2020 Bakrie Amanah mencanangkan pembangunan 1000 jembatan perintis di berbagai lokasi di Indonesia.

“Ini sebagai komitmen dalam mendukung program Ekspedisi 1000 Jembatan Gantung untuk Indonesia yang telah dimulai oleh Vertical Rescue Indonesia (VRI) sejak 2016,” tegasnya.

Diakuinya, pembangunan infrastruktur di pelosok, seperti jembatan perintis ini merupakan kebutuhan masyarakat dalam upaya meningkatkan aktivitas warga dalam berbagai aspek kehidupan, baik sosial maupun ekonomi.

Sementara warga di kedua wilayah sangat antusias menyaksiakan peresmian jembatan yang merupakan akses kedua desa itu, diakuinya kehadiran jembatan sangat ditunggu-tunngu sejak lama karena mereka sebelumnya hanya bisa menggunakan perahu atau bisa melingkar menuju Banjar Kota terlebih dahulu. (Dik/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments