Breaking News

KKN-PPM Penguatan Pemerintahan Desa Sesuai Visi Misi Ciamis

ciamiszone.com :
PENDOPO,- Kuliah Kerja Nyata - Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) merupakan fungsi penguatan pemerintahan desa sesuai dengan visi misi Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis, DR. H. Herdiat Sunarya menyatakan hal itu saat melepas 546 peserta KKN Universitas Galuh (Unigal), Selasa  (04/02/2020) di Halaman Pendopo Bupati Ciamis.

“KKN adalah salah satu bentuk implementasi dari apa yang didapat di bangku kuliah untuk diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat dan berpemerintahan,” katanya.

Peserta KKN akan disebar di empat kecamatan yang memiliki karakteristiknya berbeda, untuk itu diharapkan dapat berbaur dengan masyarakat.

“Para mahasiswa peserta KKN agar bisa membantu administrasi terkait pemerintahan desa, diharapkan ada perubahan dan dampak yang lebih baik bagi desa tersebut,” katanya seraya berharap KKN berjalan lancer dan para peserta menjaga kondusifitas tim, jangan sampai ada perselisaihan antara mahasiswa dengan masyarakat.


Sementara Rektor Unigal, DR. H. Yat Rospia Brata mengakui, dalam melaksanakan tri darma perguruan tinggi, Unigal tidak henti-hentinya berupaya melakukan perbaikan kualitas pencapaian visi dan misi Unigal.

"”ni merupakan salah satu bukti dari upaya tersebut, hari ini kami mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi dalam bentuk KKN,” katanya.

Tema yang diusung dalam KKN-PPM Periode Tahun Akademik 2019/2020 yaitu Bersinergi Memandirikan Masyarakat Desa Berbasis Konservasi Lingkungan di Kabupaten Ciamis.

“Diharapkan mahasiswa dapat metoda-metoda pemberdayaan dan mengimplementasikan kepada  masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat yang sesungguhnya, hal ini berarti bahwa pada satu sisi mahasiswa belajar memberdayakan masyarakat dan pada sisi lain masyarakat tumbuh mandiri sebagai hasil pemberdayaan,” jelasnya.

KKN-PPM akan dilaksanakan mulai 4 Februari sampai 5 Maret 2020), dnegan jumlah peserta KKN sebanyak 546 orang yang terdiri dari Fakultas Teknik 178 orang, FKIP 324 orang, Fakultas kesehatan 44 orang, Fakultas ekonomi 1 orang, tersbar di 24 desa di empat kecamatan (Sikadana, Jatinegara, Cipaku dan Cijeungjing).

“Saya mengharapkan banyak output maupun outcome dalam KKN-PPM ini. Namun semua harapan ini tidak akan terwujud dengan baik apabila tidak ada komitment tinggi dari kita semua, baik Unigal, Pemkab, peserta KKN dan masyarakat, tegasnya. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments