Breaking News

Pejabat Harus Kooperatif kepada BPK, Jangan Menghindar dari Masalah

ciamiszone.com :
SETDA,-  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Barat dalam 25 hari kedepan akan melakukan pemeriksaan keuangan Pemkab Ciamis tahun 2019. Bupati Ciamis berharap, para pejabat harus kooperatif membantu BPK dan bisa melayani dengan sebaik-baiknya. Sedangkan pihak BPK berharap jika ditemukan masalah pejabat terkait jangan menghindar.

“Berikan data-data yang dibutuhkan sepanjang dalam pemeriksaan BPK, bantu dan layani dengan koorperatif,” kata Bupati Ciamis, DR. H. Herdiat Sunarya saat menerima Tim Pemeriksaan Pendahuluan BPK-RI Prov Jabar di Aula Setda Ciamis, Kamis (06/02/2020).

Menurut Bupati, meskipun pemeriksaan tahun anggaran 2019 akhir dan awal 2020 pihaknya melalukan mutasi promosi sebanyak 10 orang yang menduduki jabatan tinggi pratama, disamping administrator dan pengawas, tapi pihaknya yakin para pejabat baru itu bisa kooperatif dan melayani BPK.

“Sekali pun para pejabat baru, mudah-mudahan mereka sudah bisa beradaptasi dan bisa membantu memberikan data-data yang dibutuhkan,” tegasnya.


Ketua Tim BPK, Robi menjelaskan, pihaknya setiap tahun memeriksa pengeloaan keuangan sesuai aturan dengan waktu yang terbatas sementara permasalahannya banyak.

BPK meminta kepada Pemkab Ciamis terkait dengan komitmen komunikasi yang baik, diharapkan perasonel kunci dari setiap SKPD siap sedia standby memberikan informasi dan data.

“Kami harapkan komunikasi yang baik ketika ada masalah, jangan sampai bapak/ibu menghindar karena bisa menjadi permasalahan baru. Sebisa mungkin informasi tidak putus agar keputusan dari BPK tidak salah. Jangan sampai bukti lengkap namun pelaksanaan tidak beres,” tegasnya seraya mengakui, jika pihaknya di lapangan dipersulit maka akan menyampaikan tembusan langsung kepada Bupati.

Diakuinya, salah satunya yang akan dicek fisik di lapangan dan dijadikan sampling yaitu Kedinasan Binamarga, Kesehatan dan Pendidikan.

Sementara Perwakilan Tim BPK, Hj. Herlin menjelaskan, pihaknya akan melaksanakan pemeriksaan selama 25 hari terhitung 5-29 Februari 2020, sementara untuk penyerahan laporan keuangan harus bisa disampaikan pada 20 Maret 2020.

“Kepada Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) kalau bisa penyerahan laporan keuangan disampaikan pada 20 Maret, untuk itu mohon dukungan para Kepala SKPD agar segera menyelesaikan laporan keuangannya,” katanya.

Menurut Hj. Herlin, setelah lima hari pihaknya menerima laporan keuangan Pemkab Ciamis maka akan melaksanakan pemeriksaan rinci samapi akhir akhir April.

Tujuan pemeriksaan, yaitu akan memantau tindak lanjut atas hasil pemeriksaan tahun-tahun sebelumnya, tingkat persentase dan menilai efektifitasnya dalam menyusun laporan keuangan.

“Kami juga akan melakukan mengujian, pengendalian dan substansinya yang dilakukan terbatas pada transaksi saldo akun-akun tertentu, yaitu akun-akun yang kami anggap cukup segnifikan untuk menilai kewajaran saldo dan kepathan terhadap peraturan perundang-undangan,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga Tim BPK menambahkan, selain pelaporan keuangan, pihaknya juga berharap Laporan Pertanggungjawaban semuan bantuan Parti Politik sudah di Kesbangpol. (cZ-01)**

Post a Comment

0 Comments