Breaking News

Wartawan Garda Terdepan Promosikan Daerah, Pemkab Dukung UKW

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Momentum Hari Pers Nasional (HPN) 2020 menjadikan  wartawan sebagai garda terdepan dalam mempromosikan berbagai potensi daerah yang ada di Ciamis, Banjar, Pangandaran sehingga investasi di tiga daerah akan semakin meningkat.

Demikian diungkapkan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis, Subagja Hamara saat menggelar peringatan HPN 2020 dan HUT PWI ke 74 di Halaman Kantor PWI Ciamis, Senin (10/02/2020).

Menurutnya, tema HPN di daerah kali ini berbeda dengan pusat, tahun 2020 di Ciamis mengambil tema “Pers Menguatkan Promosi dan Investasi Daerah”.

“Wartawan Ciamis dituntut untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mempromosikan potensi-potensi yang ada, sehingga investasi terus berkembang. Namun demikian kami juga dituntut untuk tetap kritis dengan koridor kode etik jurnalistik, sehingga kritikan bisa menjadi motivasi dalam pembangunan daerah lebih baik lagi,” tegasnya.


Dalam kesempatan itu, Bagja juga menjelaskan, PWI Ciamis akan menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang tujuanya untuk mengetes kelayakan seorang wartawan layak menjadi wartawan yang kredibel.

“UKW ini merupakan solusi dari banyak beredarnya oknum masyarakat yang mengaku sebagai wartawan,” tegasnya.

Banyak oknum yang mengaku wartawan, medianya tidak jelas, bahkan yang medianya tidak ada pun mengaku wartawan, untuk itu pihaknya akan melaksanakan UKW bersama Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Galuh Raya.

“Kami bersama IJTI Galuh Raya akan mengirimkan anggotanya untuk melaksanakan UKW yang akan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu pada  April dan Desember, dengan harapan pada 2021 wartawan PWI dan IJTI di Ciamis, Banjar dan Pangandaran sudah mempunyai kartu UKW,” jelasnya.

Selain itu Bagja juga malaporkan, PWI Kabupaten Ciamis sudah membentuk PWI Peduli, yang mempunyai kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan


“Selain menulis berita kami juga peduli sesama dan kami sudah bekerjasama dengan berbagai dinas dan elemen lain, diantaranya PDAM, BPBD, Tagana, Dinas Sosial, dan dalam waktu dekat ini PWI Peduli bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan RS Dadi Keluarga akan menyelenggarakan sunatan massal,” terangnya.

Sementara Bupati Ciamis diwakili Asisten Bidang Umum, H. Oman Rohman dalam amanatnya mengatakan, diera sekarang ini banyak masyarakat yang haus informasi, dengan keberadaan pers dapat memberikan informasi yang benar dan akurat, khususnya yang dirasakan pemerintah daerah.

“Pers dapat memberikan informasi yang lebih baik yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

Dalam sabutan yang dibacakan Oman, Bupati menegaskan, masyarakat sekarang dapat memperoleh berbagai informasi baik melalui media cetak, elektronik apalagi sekarang dengan adanya handphone segala informasi bisa diakses kapan dan dimana saja, untuk itu perlu dikembangkan dan dilakukan suatu kerjasama yang positif, dan pihaknya mendukung wartawan untuk UKW.

“Dengan adanya UKW dapat meningkatkan kualitas wartawan dalam dunia jurnalistik, semoga pers terus maju dan berkembang sehingga bisa bersinergi dengan pemerintah,” pungkasnya. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments