Breaking News

BP2D Harus Bisa Dongkrak Laju Pertumbuhan Ekonomi


ciamiszone.com :
SETDA,- Badan Promosi Pariwisata Daerah (BP2D) diharapkan bisa menggali potensi yang ada sehingga dapat mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi di bidang pariwisata dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Ciamis.

Demikian diungkapkan Bupati Ciamis, DR. H. Herdiat Sunarya dalam acara Pengukuhan BP2D Kabupaten Ciamis periode 2020-2024 di Aula Setda, Jumat (14/03/2020).

“Masih banyak potensi-potensi di Ciamis yang belum tergali, diantaranya potensi pariwisata, kuliner, pekebunan dan lainnya,” tegasnya.

Menurut Bupati, Pengurus BP2D harus mempunyai semangat, berdedikasi tinggi yang didorong dengan inovasi, kreasi dan keinginan untuk kemajuan kapariwisataan di Ciamis.

“Optimalkan dan gali potensi wisata yang ada, diantaranya wisata kuliner, wisata alam, wisata religi dan wisata budaya, sehingga dapat menarik wisatawan untuk berwisata di Ciamis,” kataya.


Diakuinya, mesipun Ciamis sekarang tidak memiliki wisata pantai, namun potensi wisata alam sangat banyak, untuk itu BP2D harus bisa bekerjasama dengan pemerintahan dalam mengembangkan potensi pariwisata di Ciamis tersebut.

“Potensi yang sudah ada kita promosikan dan yang belum optimal kita gali dan diperjuangkan sehingga potensi itu layak kita jual,” tegasnya.

Dijelaskan, Ciamis memiliki Sumber Daya Alam potensi wisata yang luar biasa untuk dikembangkan sehingga nantinya akan melahirkan wisata alam baru yang bisa mendatangkan wisatawan ke Ciamis.

“Manfaatkan ekonomi kreatif, potensi kuliner Ciamis juga sangat luar biasa dan layak untuk dijual, untuk itu jaga penampilan dan tutur bahasa jangan sampai wisatawan kapok untuk datang lagi ke Ciamis,” tegasnya seraya mengingatkan SKPD terkait, agar memprioritaskan infrastuktur jalan ke kawasan wisata dan kawasan produksi harus diperbaiki.


Sementara, Ketua BP2D Kabupaten Ciamis, H. Endang Haris Juandana mengakui, sektor wisata selalu kurang mendapatkan perhatian karena dianggap kurang manfaat dalam pertumbuhan ekonomi, sehingga geliat pariwisata jarang tersentuh sebagai pembangunan yang menjanjikan.


“Kami akan membantu dan menjadi mitra yang baik untuk kemajuan pariwisata di Ciamis, karena kami tidak ingin Ciamis dipandang sebelah mata,” kataya.

Sektor pariwisata akan menjadi salahsatu kunci kemandirian ekonomi yang sesuai dengan visi misi Pemkab Ciamis, yaitu Mantapnya Kemandirian Ekonomi Sejahtera untuk Semua. Berdasarkan Undang-undang Nomor 10/2009 tentang Kepariwisataan dan Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 19/2011 tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan, untuk itu BP2D hadir untuk meningkatkan citra kepariwisataan di Ciamis.

“Kami akan menggunakan berbagai cara, diantaranya dengan teori triple helix, dengan unsur dari pemerintah, akademisi dan swasta kami akan terjun langsung membangun pariwisata di Ciamis berdasarkan kapasitas dan kapabilitasnya. Karena sinergitas dengan berbagai elemen merupakan kekuatan besar dalam membangun sektor pariwisata di Ciamis,” katanya.

H Endang mnegaskan, dengan potensi wisata ekonomi kreatif tidak mustahil Ciamis akan menjadi salahsatu tempat kunjungan wisata baik domestik maupun mancanegara. (Nank/cZ-01)**

Post a Comment

0 Comments