Breaking News

Dampak Corona, Ratusan Jemaah Gagal Umrah, Calhaj Optimis Berangkat

ciamiszone.com :
KANDEPAG,- Dampak wabah Virus Corona atau Covid-19, ratusan jemaah gagal berangkat umrah, namun demikian meskipun kuota jemaah haji tahun ini terjadi pengurangan tetapi optimis bisa diberangkatkan ke Tanah Suci pada waktunya.

Kepala Urusan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Ciamis, H. Tatang Iskandar kepada ciamiszone, Jumat (06/03/2020) mengakui, jumlah jemaah Kabupaten Ciamis yang gagal berangkat umrah mencapau ratusan orang, namun yang melaporkan hanya 157 orang.

“Jemaah sebanyak 157 orang yang gagal berangkat umrah itu baru laporan dari lima KBIH, padahal di Ciamis tercatat 14 KBIH. Belum lagi warga Ciamis yang berencana berangkat dari KBIH di luar Ciamis,” katanya.

Sementara untuk rencana keberangkatan jemaah haji tahun ini, pihaknya sangat optimis tidak akan terpengaruh dengan merambahnya virus corona. Namun diakuinya, untuk kuota Kabuoaten Ciamis tahun ini menurun dibanding tahun sebelumnya.

“Kuota tahun 2019 sebanyak 1.110 dan tahun 2020 ini 1.093 orang, ada penurunan sebanyak 17 orang. Ini hal biasa yang setiap tahunnya selalu berubah-rubah,” katanya.

Diakuinya, pihaknya baru sebatas menerima jumlah kuotanya saja, sementara siapa saja orang-orangnya belum ada pemberitahuan resmi dari pusat.

“Kami optimis, pemberangakan jemaah haji tahun ini ke Tanah Suci akan berjalan seperti biasanya, adapun larangan dari pemerintahan Arab Saudi, itu hanya untuk jemaah yang melaksanakan umroh,” katanya seraya mengakui, saat ini di Arab Saudi pun sedang mempersiapkan pelaksanaan penerimaan jemaah haji dari seluruh dunia. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments