Breaking News

Jauhkan Dari Corona, Warga Ciamis Beristighosah

ciamiszone.com :
ALUN-ALUN,- Melakukan istighosah akbar adalah salahsatu langkah yang diambil Pemkab Ciamis dalam upaya meminta perlindungan kepada Allah SWT agar dijauhkan dari marabahaya penyebaran virus Corona.

Ribuan warga Ciamis mengikuti Istighosah Akbar dengan tema “Doa bersama Dijauhkan dari Virus Conona” di Halaman Mesjid Agung dan Alun-alun Ciamis, Jumat (13/03/2020).

Bupati Ciamis, DR. H Herdiat Sunarya mengatakan, menghadapi berbagai bencana harus mengedepankan olah pikir dan olah dzikir. Olah pikir akan menghasilkan berbagai rumusan teknis, solusi, langkah-langkah untuk menghadapi, mengantisipasi, menanggulangi dan cara mencegahnya.

“Dalam olah dzikir, kita kembalikan segala sesuatunya kepada Allah, untuk memohon perlindungan dari segala bencana, penyakit maupun musibah, karena Allah Maha Kuasa atas segalanya,” katanya.

Masyarakat dunia sedang mengalami kekhawatiran dengan suatu penyakit yang disebut virus Corona, bahkan menurut catatan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) siapa dan dimana pun orang akan terkena virus Corona, untuk itu pihaknya mengingatkan masyarakat agar terus berdoa.


“Kita harus terus berdoa, slalu mengingat Allah agar diberikan keselamatan dan terhindar dari bencana atau pun penyakit,” katanya.

Dalam kesempantan tersebut Bupati mengajak warga Tatar Galuh Ciamis untuk selalu menjaga, meningkatkan persatuan dan kesatuan seluruh elemen masyarakat agar keharmonisan, keislaman, kebangsaan tetap terpelihara dengan baik.

“Masyarakat juga harus menjaga pola hidup sehat, membiasakan mencuci tangan pake sabun, rajin berolahraga, memeriksakan kesehatan dan hindari kontak dengan daerah terdampak Corona,” tegasnya.


Diakuinya, dalam mengantisipasi virus corona Pemkab Ciamis juga sudah membentuk Corona Crisis Center  Ciamis (C4) sebagai pusat informasi terkait virus Corona yang siaga 24 jam.

“Alhamdulillah sampai saat ini di Ciamis belum terdeteksi ada masyarakat yang terinfeksi virus corona, untuk itu masyarakat agar tetap tenang dalam menyikapi virus corona, jangan panik yang berlebihan dan tidak melakukan penimbunan makanan atau masker,” pungkasnya.

Bupati juga menyampaikan, masyarakat jangan menyebarkan berita bohong (Hoax) terkait virus Corona yang dapat meresahkan dan menimbulkan kepanikan serta mengganggu ketentraman masyarakat.

Dalam Istighosah Akbar yang dipimpin KH. Oni Sahroni (PCNU Ciamis) itu dihadiri pula oleh Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, unsur Forkopimda, tokoh agama, tokoh masyarakat dilanjutkan dengan santunan kepada 100 orang anak yatim. (Nank/cZ-01)*

Post a Comment

0 Comments