Breaking News

Ingatkan Warga, FPSH HAM Bagikan Masker di Kawali dan Lumbung


ciamiszone.com :
KAWALI,- Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Ciamis, Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Kabupaten Ciamis membangi ratusan masker di wilayah Kecamatan Kawali dan Lumbung, Selasa (21/04/2020).

Aksi para pelajar yang dikemas dalam gerakan Pelajar Saling Berbagi (Pasagi) itu sebagai wujud kepedulian terhadap imbauan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) agar masyarakat selalu menggunakan masker selama berkegiatan diluar rumah.

Ketua FPSH HAM Kabupaten Ciamis, Ripa Aditia mengatakan, kegiatan ini berawal dari keprihatinannya melihat banyaknya masyarakat yang belum maksimal menggunakan masker selama berkegiatan diluar rumah, pafdahal pemerintah sudah menimbau agar menggunakan masker sebagai upaya menjaga keterpaparan Covid-19.

“Kami pilih kegiatan ini mengingat masih banyak masyarakat yang belum menggunakan masker, terutama lansia, pedagang dan ojek. Padahal kami lihat infografis Humas Ciamis, kawasan Kawali dan Lumbung dikelilingi wilayah positif RDT, bahkan banyak ODP,” jelasnya.


Pihaknya berharap, kedepannya masyarakat peduli dan senantiasa menggunakan masker sesuai dengan arahan pemerintah.

Diakuinya, kegiatan tersebut akan terus berkelanjutan dan bukan hanya dalam bentuk sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19 dan pembagian masker saja, pembagian sembako pun sudah direncanakan.

“Insya Alloh kegiatan Pasagi ini akan teru berlanjut, dan kami sudah membuka donasi, mudah-mudahan bukan hanya sosialisasi dan pembagian masker saja, sembako pun sudah kami rencanakan,” kata Ripa seraya mengakui, aksinya itu disambut baik warga di dua kecamatan tersebut.

Sementara itu, Ketua FPSH HAM Jawa Barat, Nandi menuturkan, FPSH HAM Jawa Barat telah melauncing gerakan Pasagi (Pelajar Saling Berbagi) dengan tujuan membantu mencegah, membatu warga terdampak dan membangkitkannya pascacovid-19.

“Pasagi adalah inovasi terbaru, kami ajak semua pelajar untuk berbagi, trend positif dari kalangan pelajar itu kecil bahkan tidak ada. Untuk itu kami lihat potensi kebaikan dari pelajar untuk membantu teman-teman di 27 Kabupaten/Kota kompak melaksanakannya,” jelasnya.

Menurut Nandi, selain kegiatan pembagian masker, FPSH HAM Kabupaten Ciamis berencana untuk membagikan sembako dan terus kampanye pencegahan Covid-19 baik secara langsung atau pun melalui media sosial dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Nandi dan Ripa mengakui, sebagai daerah yang masih berada di Zona Hijau Covid-19, warga Ciamis diharapkan tetap mendengarkan dan mematuhi arahan pemerintah, dan bagi warga Ciamis yang berdaa di luar Ciamis diharapkan agar tidak mudik, atau menunda dulu kemudikannya hingga pandemi Covid-19 berakhir. (cZ-01)**

Post a Comment

0 Comments