Breaking News

Mayat Korban Covid-19 Tergeletak di Halaman Mapolres Ciamis

ciamiszone.com :
MAPOLRES,- Dibantu personel Kodim 0613 Ciamis, anggota Polres Ciamis berhasil mengamankan sesosok mayat yang diduga korban Covid-19 yang tergeletak di Hamalan Mapolres Ciamis, Rabu (22/04/2020).

Mengetahui adanya sesosok mayat yang diduga korban Cobid-19 tergelatak di Halaman Mapolres Ciamis itu, sejumlah anggota Polres Ciamis beraksi dengan cepat tanggap mengamankan lokasi, dengan berpakaian lengkap menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) standar penanganan Covid-19, mayat pun dievakuasi.

Tidak sampai disitu, anggota Polres Ciamis juga langsung melakukan pemulasaraan dan memakamkan jenazah tersebut dengan menggunakan standar operasional prosedur (SOP) Covid dengan baik.

Menanggapi hal itu, Kapolres Ciamis AKBP Doni Eka Saputra mengakui, dalam pengurusan, pemulasaraan jenazah terpapar Virus Corona (Covid-19) atau pun penemuan mayat yang diduga korban Covid-19 harus ekstra hati-hati agar tidak membahayakan petugas.

“Sudah seharusnya anggota Polres Ciamis dan Kodim 0613 mampu menangani apa pun yang terjadi terkait pandemi Covid-19 ini, termasuk melakukan eksekusi dari TKP, pemulasaraan termasuk pemakaman korban meninggal yang diduga terpapar Covid-19 sesuai SOP agar tidak membahayakan diri sendiri,” tegasnya.

Diakuinya, simulasi penemuan mayat terpapar Covid-19 di Mapolres Ciamis tersebut merupakan antisipasi pihak Polres dan Kodim jika suatu saat dibutuhkan karena kekurangan petugas tenaga medis yang biasa menangani korban Covid-19.

“Pelatihan ini merupakan pembelajaran bagi personel dalam pengurusan dan pemulasaraan jenasah agar tidak membahayakan dirinya. SOP diterapkan untuk mengantisipasi penularan. Dan ini dilakukan sebagai antisipasi apabila kekurangan tenaga medis maupun pengurus pemakaman di lapangan, kami siap untuk memback up-nya,” katanya.


Sementara Dandim 0613 Ciamis,  Letkol Arm. Tri Arto Subagio menambahkankan, kegiatan tersebut sesuai dengan perintah Panglima TNI untuk mengawal jenazah Covid-19 atau yang diduga korban Covid-19.

“Dalam pelatihan ini personel Kodim 0613 dan Polres Ciamis diberikan pelatihan tentang penanganan jenazah Covid-19, cara pakai APD yang benar sesuai dengan SOP sehingga nantinya bisa membantu apabila kekurangan tenaga medis dalam menyiapkan pemakaman,” jelasnya.

Diakui Dandim, dengan keterbatasan tenaga medis maupun pengurus pemakaman yang ada saat ini, pihaknya bersama Polres Ciamis siap menerjunkan personel yang terlatih untuk menangani jenazah Covid-19.

“Semoga di Ciamis tidak ada lagi korban Covid-19 dan pandemi ini cepat berakhir,” terangnya.

Dalam acara tersebut selain dihadiri Kapolres dan Dandim, hadir juga Ketua DPRD Ciamis, Nanang Permana dan unsur Pemkab Ciamis, dilanjutkan penyerahan APD lengkap dari Ketua DPRD kepada Kapolres dan Dandim. (Nank/cZ-01)**

Post a Comment

0 Comments