Breaking News

Peringatan Hari Jadi Ciamis ke-378 Tidak Biasa

ciamiszone.com :
CIAMIS,- Tidak seperti biasanya, setiap tahun peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis berlangsung meriah dengan berbagai kegiatan yang melibatkan banyak massa sebagai wujud syukur warga Tatar Galuh, namun dimasa pandemi Covid-19 ini dipastikan sebaliknya, tidak ada kerumunan massa yang bereuforia memperingati Hari Jadi, namun  berlangsung sederhana dan khidmat tanpa meninggalkan acara inti.

Menurut Bupati Ciamis, DR H Herdiat Sunarya, kegiatan inti yang menjadi tradisi setiap tahunnya seperti ziarah dan rapat paripurna tetap dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan physical distancing.

Diakuinya, tiga kegiatan inti Hari Jadi ke-378 Ciamis tersebut antara lain ziarah ke makam leluhur Ciamis, pidato Bupati Ciamis secara live streaming dan Rapat Paripurna yang akan digelar secara virtual.


“Saat ini kita dalam situasi pandemi Covid-19, peringatan Hari Jadi tetap digelar meskipun dilaksanakan secara sederhana, meskipun diperingati dalam masa pendemi tetapi Hari Jadi ke-378 Ciamis harus tetap memberi makna dan semangat bagi kita untuk senantiasa menghargai jasa para pendahulu kita dalam melahirkan Ciamis,” kata Bupati disela ziarah ke makam leluhur, Rabu (10/6/2020).

Sementara Ketua Penyelenggara Hari Jadi ke-378 Ciamis, Ika Darmaiswara yang juga Asisten Bidang Pemerintahan Setda Ciamis menegaskan, HUT Ciamis ke-378 tahun 2020 yang hanya diisi dengan tiga kegiatan inti tetap memberlakukan protokol kesehatan.

”Dimasa pandemi Covid-19 ini, peringatan Hari Jadi Ciamis tidak akan mengabaikan protokol kesehatan, diawali hari ini berziarah ke makam leluhur dengan menerapkan physical distancing dan bermasker, Kamis 11 Juni 2020  pidato Bupati Ciamis digelar live streaming dan tepat pada Hari Jadinya, Jumat, 12 Juni 2020 Rapat Paripurna Istimewa pun digelar secara virtual,” jelasnya.


Menurut Ika, hal itu dilakukan karena Ciamis masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Parsial yang akan berkahir bertepatan dengan HUT Ciamis ke-378, 12 Juni 2020 yang aan dilanjutkan dengan penerapan New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

“Jadi tahun ini peringatan Hari Jadi Ciamis ke ke-378 tidak akan diisi dengan kegiatan semarak seperti tahun-tahun sebelumnya yang selalu meriah, bahkan dalam satu kegiatan saja bisa melibatkan ribuan massa dari berbagai daerah,” katanya.

Kegiatan ziarah ke makam leluhur yang sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun dalam peringatan Hari Jadi Ciamis itu diantaranya ke makam Makam Raden Adipati Arya Panji jaya Negara, Makam Raden Tumenggung Wiradi Kusumah, Makam Raden Adipati Arya Kusumah Subrata di Ciamis dan Makam Astana Gede di Kawaliyang juga dihadiri oleh seluruh unsur Forkopimda. (cZ-01)**

Post a Comment

0 Comments