Breaking News

Dari Zona Merah Ciamis Turun ke Zona Orange

ciamiszone.com :

SETDA,- Setelah diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Ciamis selama dua minggu (11 sampai 25 Januari 2021) mengingat Ciamis termasuk pada zona merah Covid-19, hasilnya kini turun level menjadi zona orange.

“Alhamdulillah dengan dilaksanakanya PPKM di Kabupaten Ciamis selama dua minggu, kini Ciamis sudah masuk kembali ke zona orange, ini semua berkat kerjasama yang baik semua pihak terutama Forkopimda dan Satgas Covid-19 Ciamis yang bekerja secara maksimal,” kata Sekda Ciamis, Tatang saat memimpin Rakor PPKM dengan para pelaku usaha di Aula Setda Ciamis, Senin (25/01/2121).

Menurut Sekda, meskipun berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 1 Tahun 2021 Ciamis tidak termasuk kabupaten yang melakukan perpanjangan PPKM, namun karena kondisi trecing di Ciamis tetap naik maka akan dilaksanakan PPKM Mandiri sampai 8 Februari 2021.

“Meskipun sudah kembali ke zona orange, akan tetapi kondisi trecing di Ciamis tetap naik, setidaknya 25 sampai 28 orang terkonfirmasi positif setiap harinya, sehingga Pemkab Ciamis memutuskan untuk tetap melaksanakan PPKM namun secara mandiri. Jadi penegakkan protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan terutama oleh para pelaku usaha,” tegasnya.

Dijelaskan Sekda, peraturan dan ketentuan PPKM Mandiri sama dengan pelaksanaan PPKM sebelumnya, yaitu masyarakat tetap mendisiplinkan diri dengan protokol kesehatan, bedanya untuk PPKM Mandiri dengan tanpa dibiyayai oleh pemerintah.

Sekda Ciamis berharap kegiatan sosialisasi PPKM Mandiri dapat dilaksanakan oleh semua pihak terutama para ketua asosiasi dan pelaku usaha di Kabupaten Ciamis.

“Saya berharap semua pihak dapat bahu membahu mensosialisasikan PPKM Mandiri ini kepada masyarakat dan sama-sama mendukung rencana pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Ciamis, dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di Kabupaten Ciamis.” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, dr. Yoyo mengatakan, berdasarkan Instruksi Mendagri, Ciamis tidak termasuk dalam kabupaten/kota yang melaksanakan PPKM, tetapi untuk penilaian dari provinsi sampai saat ini masih belum ada kepastian.

Sementara Wakapolres Ciamis, Kompol Rendy Setya Permana, menambahkan, pihaknya menyatakan siap sedia bersinergi bersama TNI dan pemerintah melakukan penanganan Covid-19, terutama dalam pelaksanaan penegakan disiplin protokol kesehatan di Kabupaten Ciamis.

“Polres Ciamis akan selalu bersinergi bersama melakukan penanganan Covid-19. Salah satunya dengan melaksanakan operasi yustisi penegakan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” tegasnya.

Selain dihadiri unsur Forkopimda, rakor juga dihadiri para kepala SKPD, dan para ketua asosiasi pelaku usaha se-Kabupaten Ciamis. (cZ-01)**


Post a Comment

0 Comments