Breaking News

Jadi Tuan Rumah Porprov 2022, Peluang Ciamis Masuk 10 Besar Terbuka

ciamiszone.com :
KONI,- Dipastikan Kabupaten Ciamis akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat 2022, pembukaan dan penutupan event empat tahunan olahraga di Jawa Barat itu akan digelar di Stadion Galuh Ciamis menyusul ketidaksiapan Kota Tasikmalaya menjadi tuan rumah. Hal ini menjadi peluang terbuka Ciamis menuju 10 besar.

“Dengan ditunjuknya dan diberikan kepercayaan menjadi tuan rumah Porprov 2022 oleh Ketua KONI Provinsi Jawa Barat merupakan kebanggaan dan kehormatan sekaligus peluang kemenangan yang harus benar-benar kita gunakan sebaik mungkin,” kata Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra dalam Rakor Pembahasan Strategi Pemenangan 10 besar Porprov 2022 di Aula Gedung KONI Ciamis, Rabu (13/01/2022).

Wabup mengajak jajaran KONI Kabupaten Ciamis optimis dengan tetap melakukan yang terbaik serta benar-benar memanfaatkan kesempatan  tersebut dengan maksimal.

“Sebagai tuan rumah menjadi peluang besar untuk meraih target 10 besar, terutama bagi para atlet yang akan bertanding, pastinya sudah lebih mengenali medan, semoga kita dapat meraih sukses mengumpulkan medali emas khususnya dari 9 cabang olahraga (Cabor) yang digelar di Claims,” tegasnya.


Untuk itu, Wabup mengingatkan, dalam menyiapkan agenda Porprov Jabar 2022 harus mulai mempersiapkan para atlet yang akan bertanding, selain itu mulai mempersiapkan suksesi pesta olahraga tersebut baik dari segi sarana prasarana untuk mensukseskan kemeriahan grand opening sampai penutupan.

“Kita harus menyiapkan segala kebutuhan untuk mensukseskan Porprov 2022, baik dari segi kepesertaan atlet dan teknis penyelenggaraan,” tegasnya seraya mengakui, sebagai tutan rumah Ciamis harus metaih sukses prestasi, penyelenggaraan, admisitrasi dan sukses ekonomi.

Sementara Ketua Umum KONI Kabupaten Ciamis, Yasmin Sambas menuturkan, sebelumnya hanya empat cabor yang akan dipertandingkan di Ciamis terdiri dari sepakbola, atletik, balap sepeda (BMX) dan soft tenis. Menyusul ditunjuknya sebagai tuan rumah, Ciamis diberi tambahan lima cabor yaitu panjat tebing, tenis meja, wushu, petanque dan muaythai.


Diakui Yasmin, saat ini venue yang akan menjadi tempat pertandingan masih dalam kondisi 60%, meskipun demikian pihaknya menyatakan siap venue-venue bisa digunakan maksimal dalam pelaksanaannya, karena ditargetkan tahun 2021 ini selesai diperbaiki atau pun dibangun.

Menurut Yasmin, langkah strategis menuju 10 besar diawali dengan melakukan verifikasi kesiapan cabor, meningkatkan SDM pelatihan dan mengoptimalkan dukungan fasilitas pelatihan.

Selanjutnya, dilakukan pula intensifikasi khusus untuk atlet potensi medali emas, penggalian potensi atlet potensial binaan serta peningkatan komunikasi dengan Pengprov Cabor.

“Selain strategi optimalisasi cabor yang menjadi tuan rumah, dilakukan upaya strategi non-teknis untuk cabor penilaian dan peningkatan motivasi atlet dan pelatih,” jelasnya. (cZ-01)**




Post a Comment

0 Comments