Breaking News

Dukung Earth Hour 2021, Satu Jam Ciamis Diimbau “Gelap”

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Dalam rangka mendukung upaya penurunan emisi gas rumah kaca dan antisipasi terhadap pemanasan global serta dukungan terhadap peringatan Earth Hour 2021. Seluruh wilayah Kabupaten Ciamis diimbau “gelap-gelapan” dengan cara mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipergunakan selama satu jam pada pukul 20.30 - 21.30 WIB, Sabtu (27/-3/2021).

Bupati Ciamis, DR Herdiat Sunarya mengatakan, mematikan lampu dan dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipergunakan selama satu jam adalah merupakan aksi mudah dan murah, dan ini dilakukan secara serentak di seluruh dunia sebagai puncak peringatan Earth Hour 2021.

“Mematikan lampu dan dan peralatan elektronik selama satu jam ini sebagai aksi nyata dalam mewujudkan masa depan baru yang lebih baik yang dilaksanakan secara sederhana tanpa melibatkan massa sesuai protokol kesehatan,” katanya.

Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Bupati Ciamis No. 660.1/528/DPRKPLH.05 tentang Peringatan Earth Hour 2021 tertanggal 26 Maret 2021.

Dalam SE-nya, Bupati mengimbau kepada Forkompimda, Kepala SKPD, Pimpinan Instansi/BUMD, Camat, Lurah, Kepala Desa, Pimpinan Lembaga Kemasyarakatan di lingkungan Kabupaten Ciamis agar melakukan pemadaman lampu dan mematikan peralatan elektronik selama satu jam baik perkantoran, perumahan/permukiman  dan fasiktas umum lainnya, hingga ke tingkat Kecamatan dan Kelurahan/Desa, dengan tetap memperhatikan aspek keamanan lingkungan sekitarnya.

Bupati juga menginstruksikan pelaksanaan kegiatan Gerakan Global Switch Off Earth Hour 2021 tersebut dilaporkan kepada Bupati Ciamis cq. Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis.

Sementara Kepala Dinas PRKPLH Kabupaten Ciamis, DR. Taufik Gumelar mengakui, pelaksanaan puncak peringatan Earth Hour 2021 dengan melakukan pemadaman lampu dan mematikan peralatan elektronik selama satu jam adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap masa depan bumi demi keselamatan dan kesehatan seluruh makhluk hidup.

“Kami mengimbau masyarakat membangun kesadaran individu agar mendukung peringatan Earth Hour 2021 dengan melakukan pemadaman lampu dan mematikan peralatan elektronik selama satu jam sebagai bentuk perubahan gaya hidup menjadi ramah lingkungan serta berkelanjutan dan akan terus dilakukan setiap tahunnya pada minggu ketiga bulan Maret serentak di seluruh dunia,” katanya seraya mengakui, hal ini menjadi momen dalam menyatukan penduduk dunia untuk berbicara tentang alam di tengah krisis kesehatan global Covid-19. (cZ-01)**


Post a Comment

0 Comments