Breaking News

Bupati Ciamis, ”Lebaran Tahun Ini Jangan Mudik Dulu”

ciamiszone.com :

CIAMIS,- Bupati Ciamis, Dr. H Herdiat Sunarya mengimbau masyarakat Tatar Galuh Ciamis yang berada dirantau agar tidak mudik dulu pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Ia pun mengingatkan warga yang memiliki kerabat dirantau agar menyampaikan larangan mudik tersebut.

“Saya informasikan kepada seluruh masyarakat Tatar Galuh dalam kegiatan Idul Fitri 1442 H tahun ini tidak diperbolehkan mudik. Bagi yang memiliki keluarga di perantauan agar lebih bersabar dan menahan diri untuk tidak mudik dulu,” tegasnya saat menghadiri peringatan Nuzulul Qur'an 1442 H di Masjid Agung Ciamis, Kamis (29/4/2021) malam.

Menurut Bupati, jika sampai memaksa mudik dan lolos dari Posko Pengawasan dan Pengetatan, nanti ada Satgas Covid-19 di wilayahnya masing-masing yang akan mempertanyakan sudah atau belumnya melaksanakan tes swab atau PCR.

“Pemudik yang terlanjur lolos harus memperlihatkan hasil tes swab atau PCR maksimal tiga hari dari pelaksanaan tes. Jika tidak bisa membuktikan, terpaksa mereka harus diisolasi mandiri dan juga melaksanakan swab secara mandiri dengan biaya sendiri. Ini dilakukan semata mata demi keselamatan dan kesehatan masyarakat,” jelasnya, seraya menegaskan, percuma juga bisa pulang mudik karena tetap akan diisolasi.

Bupati pun mengajak masyarakat Ciamis untuk tetap menerapkan protokol kesehatan karena tracing Covid-19 masih meningkat.

Dalam peringatan Nuzulul Qur'an yang menghadirkan Pimpinan Pontren Darussalam KH Fadlil Yani Ainusyamsi untuk menyampaikan hikmah Nuzulul Qur'an, Bupati juga mengajak masyarakat merenungkan nilai dan hikmah dalam momentum tersebut.

Sementara Ketua DKM Masjid Agung Ciamis, H. Wawan S Arifien mengatakan, dimasa pandemi ini Masjid Agung Ciamis tetap menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Peringatan Nuzulul Qur'an tersebut diwarnai penyerahan bantuan hibah dari Pemkab Ciamis Rp200 juta secara simbolis oleh Bupati Ciamis kepada Ketua DKM Masjid Agung Ciamis. Diserahkan juga bantuan audio untuk kegiatan keagamaan di Masjid Agung Ciamis dan pemberian santunan kepada 100 anak yatim.

Selain Bupati yang sebelumnya melaksanakan sholat tarawih itu, hadir juga Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra dan Sekda Ciamis, Dr H. Tatang, MPd. (cZ-01)**


Post a Comment

0 Comments