Breaking News

Ciamis Raih Dua Tropi Penghargaan Tingkat Jabar

ciamiszone.com :

FAVE HOTEL,- Pemkab Ciamis berhasil meraih dua pernghargaan tingkat Provinsi Jawa Barat yang diserahkan dalam Rakor High Level Meeting gabungan TPID, TP2DD, TPAKD, KPED se-Priangan Timur di Hotel Fave Tasikmalaya, Jum'at (20/08/2021).

Dua penghargaan tersebut diterima Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra yaitu atas keberhasiannya menjadi Juara Terbaik ke-2 Progarm INflasi UNggul JUara Lahir Batin (PINUNJUL), dan juara Terbaik  ke-3 Apresiasi Jawara Ekonomi Digital (AJEG), yang juga sebagai kabupaten/kota satu-satunya peraih AJEG dari wilayah Priangan Timur. 

Rakor digelar Bank Indonesia (BI) Jawa Barat dengan mengusung tema “Mempercepat pemulihan ekonomi daerah dengan menjaga stabilitas harga melalui akselerasi digitalisasi ekonomi dan inklusivitas keuangan di Priangan Timur".

Usai menerima dua penghargaan, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra mangucap syukur Alhamdulilah, Kabupaten Ciamis mendapat apresiasi dan penghargaan sebagai kategori Pemda dengan kinerja elektronifikasi transaksi Pemda terbaik di Jawa Barat.

Menurut Wabup, raihan ini tidak terlepas dari usaha maksimal seluruh perangkat pemerintah daerah dan stakeholder terkait dalam mengembangkan digitalisasi transaksi dan operasionalisasi di sektor strategis pemerintah daerah.

Dijelaskan, sejalan dengan program kerja TPID dan TP2DD yang mendukung upaya pemulihan ekonomi dan mendorong transformasi digital, maka digitalisasi di daerah menjadi salah satu faktor yang sangat penting, sehingga diperlukan langkah-langkah strategis untuk mempercepat transformasi digitalisasi di masyarakat.

“Terdapat tiga 3 millestone atau tolak ukur dalam pemulihan ekonomi dan digitalisasi di Kabupaten Ciamis, yakni menata dan mengendalikan belanja APBD, optimalisasi pajak daerah melalui digitalisasi dan relaksasi serta optimalisasi data pengelolaan keuangan daerah melalui paperless yang dilaksanakan untuk mensupport geraknya perekonomian daerah untuk menjaga kesehatan fiskal daerah,” katanya.

Selain itu, diakui Wabup, pihaknya sedang membuat Perda pembentukan BUMD aneka jasa, serta menciptakan petani milenial melalui beasiswa dari tiap desa yang dialokasikan dari ADD untuk bersekolah di SMK Pertanian Ciamis.

Rakor tersebut juga menggelar virtual launching Desa Sukaraja sebagai Desa Digital yang dihadiri Sekkda Ciamis, Dr, H Tatang, M.Pd, di Desa Sukaraja Kecamatan Sindangkasih.

Wakil Bupati Ciamis yang hadir didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Dr. H. Toto Marwoto dan Kepala BPKD Ciamis, Dr. H. Kurniawan itu berpesan kepada seluruh perangkat Desa Digital Desa Sukaraja dan Bumdes Sukaraja agar senantiasa konsisten menjaga semangat untuk mengembangkan inovasi-inovasi baru untuk digitalisaai desa. 

Wakil Bupati juga mengucapkan rasa syukur atas penghargaan yang diraih Kabupaten Ciamis dan hal ini tidak terlepas dari sinergitas seluruh pihak.

Menurutnya, model bisnis desa digital yang telah dibangun perlu diimplementasikan secara baik dan dimonitor perkembangannya agar tetap dapat memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat desa, terlebih dalam meningkatkan prekonomian desa secara keseluruhan.

“Alhamdulilah hal ini tidak terlepas dari kerja keras dan pelayanan yang optimal, kami harapkan Kepada Desa Sukaraja untuk mempertahankan pencapaian ini dan kami akan terus mendorong dengan segenap upaya  dalam percepatan dan perluasan digitalisasi desa,” katanya.

Wakil Bupati Ciamis juga berharap, Desa Sukaraja dapat menjadi Role Model dalam mendorong desa-desa lainnya di Kabupaten Ciamis untuk menjadi desa digital, dan menargetkan seluruh desa daat tersentuh digitalisasi. (cZ-01)**


Post a Comment

0 Comments