Breaking News

Sekda, ”Sinergi Pentahelix Kunci untuk Mendorong Kemajuan Bangsa”

ciamiszone.com :

SETDA,- Sinergi pentahelix merupakan kunci untuk mendorong kemajuan Bangsa Indonesia yang berkualitas, melalui sinergi berbagai sektor seperti perguruan tinggi, dunia industri, pemerintah masyarakat dan media diharapkan dapat saling mengisi agar bangsa ini bisa lebih maju.

Demikian disampaikan Sekda Ciamis, Dr. H. Tatang, M.Pd mewakili Bupati Ciamis pada Webinar Nasional Administrasi Publik yang digelar Himpunan Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik (HMPS IAP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Galuh Ciamis secara virtual dari Ruang ULP Setda Ciamis, Rabu (25/8/2021).

“Sinergi ini merupakan prinsip untuk naik terus yang bisa mendukung semangat membangun kedaulatan Indonesia dalam teknologi, ekonomi, serta sumber daya manusia sehingga semua itu diperlukan rasa saling percaya dari semua pihak untuk mencapai tujuan,” katanya.

Menurut Sekda, pembangunan di Indonesia selama ini terlalu terfokus pada pertumbuhan ekonomi dengan mengabaikan pembangunan sosial atau investasi sumber daya manusia. Tidak mengherankan bila indeks pembangunan manusia Indonesia terus merosot.

“Pembangunan inklusif sangat penting dan mendesak. Beberapa ciri terkandung dalam pembangunan inklusif diantaranya pertumbuhan ekonomi merupakan sasaran utama tetapi bukan tujuan utama. Selanjutnya, pertumbuhan ekonomi merupakan sarana untuk mencapai tujuan kemakmuran bersama semua warga negara,” jelasnya.

Pemerintah sedang membangun ekosistem melalui sinergi pentahelix, karena tidak hanya menghasilkan inovasi juga menghasilkan sumber daya manusia. Perguruan tinggi menghasilkan jutaan lulusan baru mulai dari sarjana intelektual dan profesional, yang membutuhkan lapangan kerja.

“Dalam kondisi pandemi saat ini pekerjaan yang kesan tidak seluas ketika kondisi normal. Dan kondisi ini tidak terbayangkan oleh siapa pun sebelumnya. Dengan berkembangnya demokrasi di Indonesia, media menjadi sangat penting perannya dalam sinergi pentahelix,” tegasnya.

Sehingga kolaborasi antar segala sektor sangat dibutuhkan untuk membangun ekonomi dan industri dimasa depan menuju Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh. (cZ-01)*


Post a Comment

0 Comments