Breaking News

Sukaraja, Desa Digital Pertama di Indonesia

ciamiszone.com :

SINDANGKASIH,- Kebanggaan Pemkab Ciamis memiliki Desa Sukaraja sebagai Desa Digital pertama di Indonesia, diungkapkan Sekda Ciamis, Dr. H Tatang, M.Pd saat menghadiri acara Launching Desa Digital di Desa Sukaraja, Kecamatan Sindangksih, Jum'at (20/08/2021).

Menurut Sekda, dengan dilounchinnya Desa Sukajaya sebagai Desa Digital diharapkan bisa menjadi pioner Desa Digital bagi desa-desa lainnya di Indonesia, karena Desa Sukaraja merupakan Desa Digital pertama.

Kepala Desa Sukaraja, Utuy Suyaman menjelaskan, Desa Sukaraja bisa menjadi Desa Digital karena visinya, setelah sebelumnya pada tahun 2018 ada kampung yang sudah menjadi Kampung Digital pertama di Indonesia, tidak hanya di Kabupaten Ciamis.

“Selama ini sudah 2000 barcode QRIS, bank sampah, bahkan kedepan akan diupayakan untuk air dan listrik, termasuk pendistribusian PKH,” katanya.

Ceo Neztme Indonesia menambahkan, perlu proses dalam mewujudkan Desa Digital di Sukaraja, hingga Desa Sukaraja berhasil menjadi Desa Digital.

Sedangkan Perwakilan Kantor BI Tasikmalaya, Yuda Wirawan mengakui, tkonsep Desa Digital di Desa Sukaraja adalah keinginan untuk meningkatkan tata kelola desa dalam peningkatan pendapatan desa.

“Latar belakang mendorong Desa Digital adalah percepatan ekonomi tingkat desa, konsepnya yaitu terbangunnya rantai nilai ekosistem dalam pemanfaatan digital. Hasilnya, Alhamdulilah telah berhasil diwujudkan oleh Desa Sukaraja menjadi satu-satunya desa digital yang ada di Indonesia,” tegas Yuda seraya mengakui, pengembangan Desa Digital pasti akan melibatkan seluruh pihak dengan tugasnya masing-masing. (CW/cZ-01)**


Post a Comment

0 Comments