Breaking News

ORARI Mendukung Komunikasi pada Keadaan Tanggap Darurat

ciamiszone.com :

GD. PRAMUKA,- ORARI ini merupakan organisasi yang sangat canggih dalam hal menyampaikan informasi-informasi penting dan detail, dan peran ORARI sangat penting dalam mendukung komunikasi pada keadaan tanggap darurat.

Hal itu diungkapkan Bupati Ciamis, Dr H Herdiat Sunarya diwakii Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Ciamis, Dondon Rudiana saat membuka resmi pelaksanaan Musyawarah Lokal ORARI Kabupaten Ciamis di Gedung Pramuka Ciamis, Sabtu (02/10/2021).

Menurutnya, seluruh anggota ORARI harus siap menjadi relawan bila diperlukan, dengan menggunakan perangkat radio yang dimiliki untuk digunakan bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Diakuinya, selama ini ORARI Lokal Kabupaten Ciamis telah berperan aktif memberikan dukungan komunikasi dalam penanggulangan berbagai musibah dan bencana, untuk itu berharap kedepannya ORARI mampu meningkatkan peran serta dan eksistensinya ditengah-tengah masyarakat.

“Saya harapkan ORARI Lokal Kabupaten  Ciamis senantiasa aktif dalam mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan frekuensi radio, jangan sampai frekuensi yang tersedia disalahgunakan untuk melakukan jamming sehingga menganggu kepentingan pihak lain,” tegasnya.

Ciamis sebagai salah satu wilayah rawan bencana peringkat 5 di Provinsi Jawa Barat dan peringkat 16 tingkat nasional dari 494 kabupaten/kota di Indonesia, potensi bencana alam di Kabupaten Ciamis memiliki kerentanan dan kerawanan bencana cukup tinggi adalah gempa bumi, angin puting beliung, longsor, banjir.

Namun dengan adanya dukungan dan bantuan komunikasi dari ORARI maka upaya memberikan informasi tentang potensi ancaman terjadinya bencana dapat dilakukan secara lebih cepat dan efektif.

“Dengan adanya informasi yang cepat dan akurat, maka masyarakat dapat dengan segera menyiapkan diri mengantisipasi serta kesiapsiagaan menghadapi ancaman  bencana yang ada,” katanya.

Dijelaskan, Muslok merupakan momentum yang baik anggota ORARI Lokal Kabupaten Ciamis untuk melakukan perubahan, konsolidasi dan evaluasi terhadap program-program. 

“Keberadaan ORARI di Ciamis mampu menciptakan anggota amatir radio yang terampil dan menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Ciamis. Sebagai organisasi mitra kerja pemerintah dalam menyebarluaskan informasi publik sesuai dengan kode etik yang diusungnya,” katanya. (cZ-01)**

Post a Comment

0 Comments