Breaking News

Camat, “Rotasi Perangkat Desa Gunungcupu Sudah sesuai Aturan”

ciamiszone.com :

SINDANGKASIH,- Rencana Kepala Desa Gunungcupu Kecamatan Sindangkasih melakukan rotasi atau pemindahan perangkat desanya sudah sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku. Jadi tidak ada permasalahan dengan rencana rotasi tersebut.

Hal itu diungkapkan Camat Sindangkasih, Rina Takarina menanggapi dinamika yang terjadi di Desa Gunungcupu terkait rencana rotasi yang dilakukan oleh kepala desa, Rabu (09/03/2022).

Menurut Rina, tahapan rotasi atau pemindahan perangkat desa dilakukan berdasarkan ketentuan sesuai Perbup Ciamis Momor 80 tahun 2016 tentang SOTK Pemerintah Desa yang dalam pasal 27 ayat 1 menyatakan Kepala Desa berwenang untuk melakukan pemindahan perangkat desa.

“Pasal selanjutnya menyatakan, pemindahan perangkat desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dengan memperhatikan kemampuan, kinerja dan kebutuhan organisasi pemerintah desa, harus mendapatkan rekomendasi tertulis dari Camat,” tegasnya.

Diakui Camat Sindangkasih, pihaknya sudah memberikan reskomendasi tertulis atas usulan rotasi perangkat Desa Gunungcupu berdasarkan permohonan kepala desa.

“Kepala desa telah mengajukan surat permohonan rekomendasi tertulis, saya selaku Camat Sindangkasih tidak begitu saja mengeluarkan surat rekomendasi akan tetapi dilakukan pengkajian terlebih dahulu terkait aturan, pertimbangan kepala desa dan kondisi di lingkungan pemerintah Desa Gunungcupu,” jelasnya seraya mengakui, pihaknya telah melakukan beberapa kali pertemuan dengan kepala desa, unsur BPD dan terkait lainnya.

“Hal itu dilakukan sebagai bentuk dari kehati-hatian dan kecermatan kami dalam menindaklanjuti usulan tersebut” tegasnya.

Dengan diterbitkannya rekomendasi persetujuan tersebut, Camat Sindangkasih berharap keputusan yang diambil oleh kepala desa dapat mewujudkan kinerja pelayanan desa yang lebih baik kedepannya.

“Saya mengingatkan dan berharap, meskipun surat rekomendasi ini telah terbit, kepala desa dalam menjalankan kewenangannya harus betul-betul matang sehingga apa yang diharapkan semua pihak dapat terwujud,’ katanya. (cZ-01)**


Post a Comment

0 Comments